Melestarikan

Makanan Khas Indonesia

Makanan Indonesia
Masakan Indonesia merupakan pencerminan beragam budaya dan tradisi yang berasal dari kepulauan Nusantara dan hampir seluruh masakan Indonesia kaya dengan bumbu berasal dari rempah-rempah.
Makanan khas Indonesia memang sudah membudaya sehingga menyimpan sejuta makna bagi para kuliner, sangat di sayangkan apa bila para pencinta kulier tidak mencoba makanan khas indonesia.

Bakso
Bakso hingga saat ini tetap jadi makanan favorit orang indonesia disemua kalangan . Rasa daging sapi yang tedapat pada bakso memanglah jadi ciri khas masakan Indonesia yang tak lagi dapat dilupakan.



Soto
Soto, sroto, atau coto adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran. Daging yang paling sering digunakan adalah ayam dan kambing. Berbagai daerah di Indonesia memiliki jenis soto sendiri, dengan kandungan yang berbeda-beda, misalnyamisalnya soto ayam,
soto babat, soto kambing, Soto memiliki banyak kemiripan dengan sop.
Dan Seperti yang  kita ketahui bahwa makanan pokok orang Indonesia adalah nasi, sehingga soto biasanya dihidangkan dengan nasi sebagai menu utama. Namun, ada perbedaan dalam hal menu utama nasi tersebut, Kebanyakan soto dihidangkan secara terpisah dengan nasi.



Pempek
Pempek atau Empek-empek adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari ikan dan sagu.
Penyajian pempek ditemani oleh saus berwarna hitam kecoklat-coklatan yang disebut cuka atau cuko (bahasa Palembang). Cuko dibuat dari air yang dididihkan, kemudian ditambah gula merah, udang ebi dan cabe rawit tumbuk, bawang putih, dan garam. Bagi masyarakat asli Palembang, cuko dari dulu dibuat pedas untuk menambah nafsu makan. hal ini lah yang membuat para pencinta kuliner tertarik untuk mencoba pempek dengan rasanya yang pedas.



Gudeg
Gudeg (bahasa Jawa gudheg) adalah makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Perlu waktu berjam-jam untuk membuat masakan ini agar memiliki citra rasa yang khas. Gudeg kering pun menjadi salah satu oleh-oleh yang paling banyak dicari oleh wisatawan karena memiliki citra rasa yang khas.



Nasi Goreng
Nasi goreng adalah sebuah makanan berupa nasi yang digoreng dan diaduk dalam minyak goreng atau margarin, biasanya ditambah kecap manis,lada dan bumbu-bumbu lainnya, seperti telur, ayam, dan kerupuk.
Ada pula nasi goreng jenis lain yang dibuat bersama ikan asin yang juga populer di seluruh Indonesia. Mungkin perlu anda ketahui Pada tahun 2011, sebuah polling Internet yang diadakan oleh CNN International dan diikuti oleh 35.000 orang menempatkan Nasi Goreng pada peringkat ke-2 dalam daftar '50 Makanan Terlezat di Dunia' setelah rendang.



Gado-gado
Gado Gado adalah salah satu makanan khas Indonesia yang berupa sayur-sayuran yang direbus dan dicampur jadi satu, dengan bumbu atau saus dari kacang tanah yang dihaluskan disertai irisan telur dan di atasnya ditaburkan bawang goreng dan sedikit emping goreng juga kerupuk dan biasanya disajikan dengan lontong.



Ketoprak
Ketoprak adalah salah satu jenis makanan khas Indonesia yang mudah di temui dimana saja karena ketoprak di jual dijalan-jalan atau kaki lima. Komponen utamanya adalah tahu, bihun, mentimun, taoge, saus kacang, kecap manis,taburan bawang merah goreng dan lontong sebagai bahan pokok.


Share :

Komentar Facebook: